MENYELESAIKAN KONFLIK DI LINGKUNGAN KERJA

Ada banyak hal yang bisa memicu konflik di lingkungan kerja, mulai yang terkait dengan tugas dan pekerjaan sampai ke masalah pribadi. Keadaan ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas di kantor, dan bukan sesuatu yang mustahil kalau berbuntut pada menurunnya produktivitas.

Agar tidak semakin berlarut – larut dan malah merambat kemana – mana, maka sudah sepatutnya kalau hal ini segera diselesaikan dengan beberapa pendekatan di antaranya :

* Mengajak orang yang bersangkutan (terlibat konflik) untuk bicara empat mata di tempat jauh dari keramaian. Dengan demikian Anda dan lawan bicara bisa lebih bebas mengemukakan isi hati dan pikiran tanpa takut tergangu suasana sekitar.
* Saat berbicara, usahakan untuk tetap tenang dan jangan terbawa emosi. Ungkapkan isi hati dan pikiran dengan tenang dan sopan. Satu hal yang perlu diingat adalah mendasarkan semua ucapan berdasarkan fakta atau kenyataan, bukan atas dasar gosip atau asumsi pribadi. Jika tidak, bukan menyelesaikan masalah, Anda malah dapat memperuncing atau menambah masalah.
* Perhatikan pula ekspresi dan bahasa tubuh Anda saat berbicara. Jangan biarkan, misalnya, Anda tidak menatap lawan bicara atau menunjukan mimik wajah cemberut. Bahasa tubuh yang tepat tentu akan mendukung niat baik Anda untuk berdamai.
* Dengarkan dengan baik saat rekan Anda berbicara dan jangan potong pembicaraan agar pesan yang hendak disampaikan bisa diterima dengan baik. Usahakan untuk berempati, sehingga Anda tidak melihat masalah dari satu sudut pandang.
* Setelah masing – masing mengungkapkan isi hati dan pikirannya, cobalah untuk memberi satu solusi yang sifatnya fleksibel dan terbuka sehingga jalan tengah atas masalah yang bisa dihadapi bisa tercapai. Jangan lupa di sini Anda dituntut untuk tenang.
* Kalau masalah belum juga selesai, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada atasan Anda, tentunya dengan tidak menjelek – jelekkan rekan Anda sendiri. Toh semua ini demi kebaikan Anda sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARDWARE BITCOIN MINER

SOLVED : Windows cannot access the specified device, path, or file