CARA IRIT PEMAKAIAN BBM

Servis rutin
pastikan motor dirawat (servis) secara rutin. dengan demikian efisiensi kerja mesin tetap terjaga, sehingga pemakaian BBM tetao irit dan umur spare part lebih panjang.

Rute terdekat
persiapkan perjalanan dengan matang. tentukan rute terdekat yang akan ditempuh ke tempat tujuan. jangan lupa mengenakan helm standar, jaket, dan sarung tangan.

Jangan ngebut
hindari ngebut di jalan raya. sebab cara ini akan banyak menyedot pemakaian BBM. jaga kecepatan agar selalu konstan, sesuai gigi yang dipakai, yakni antara 40-50 km.

Buka gas pelan
ketika lepas landas, buka gas perlahan-lahan. apalagi untuk motor matik, sebab motor jenis ini cenderung labih boros untuk hentakan (tarikan) pertama.

Jangan main gas
jangan memainkan gas kendaraan bila tidak perlu, karena ketika tarikan awal, mesin membutuhkan banyak bensin.

Gunakan rem seperlunya
saat mengendara, gunakan rem seperlunya. sebab rem akan mengurangi performa kendaraan dan pemakaian BBM akan lebih boros.

Turunkan gigi di tikungan
ketika di tikungan, gunakan gigi yang lebih rendah (engine brake), namun jika sudah melewati tikungan jangan menarik gas terlalu besar.

Periksa tekanan ban
jaga tekanan ban. ban yang kempes (kurang angin) akan mempengaruhi laju dan perputaran roda kendaraan.

Jaga posisi lutut
posisi lutut dan telapak kaki ketika berkendaraan juga dapat mempengaruhi dalam pemakaian BBM. jika ingin irit, hadapkan lutut dan telapak kaki ke dalam. ini untuk mengurangi terpaan/hambatan angin yang dapat menghemat BBM.

Kurangi beban
kurangi beban motor. sebab, beban yang berat akan berdampak pada pemakaian BBM. semakin berat beban kendaran akan semakin boros pemakaian BBM.

Pastikan SPBU bersih
yang terakhir dan sangat penting adalah pilih SPBU (pompa bensin) yang bersih alias takarannya pas dan tidak oplosan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARDWARE BITCOIN MINER

SOLVED : Windows cannot access the specified device, path, or file