MENGENAL DOMPET BITCOIN

Bitcoin sebagai emas digital membutuhkan suatu tempat penyimpanan yang disebut wallet. Wallet dapat berupa local-copy (diinstall di komputer) dan eWallet online (menggunakan website penyedia wallet online). Kedua tipe wallet tersebut memiliki kelemahan dan kelenihan tersendiri.

Informasi Dari Address Bitcoin
Bitcoin menggunakan teknologi berbasiskan opensource dan databasenya ada di dalam jaringan internet. Karena cara kerja demikian, sebenarnya dengan mengetahui alamat wallet seseorang, berbagai informasi bisa didapatkan dengan cara menggunakan fasilitas yang disediakan oleh blockchain.info.

Contoh informasi yang dapat kita lihat dengan memiliki address wallet seseorang adalah melihat Bitcoin yang tersimpan didalamnya, transaksi yang pernah dilakukan, dan bahkan total sirkulasi Bitcoin pada wallet tersebut.

Untuk melihat datanya sangat mudah, hanya dengan memasukkan address wallet Bitcoin ke dalam hasil pencarian di blockchain.info atau mengaksesnya melalui https://blockchain.info/address/[AlamatBitcoinAnda]

Jadi sebetulnya tidak tepat kalau dikatakan bitcoin transaksinya tidak dapat dilacak. Sebetulnya justru lebih muda dilacak tetapi tidak diketahui siapa pemilik alamat wallet itu. Oleh karena itu teknologi Bitcoin disebut dengan Pseudonym dan bukan anonym (tidak diketahui sama sekali).


Keuntungan Wallet Komputer
Apabila anda memutuskan menggunakan wallet seperti https://multibit.org/ yaitu wallet yang didownload dan diinstall di dalam komputer anda maka pastikan anda memiliki versi terbaru dan mendownloadnya langsung melalui multibit.org

Menggunakan local wallet seperti multibit memiliki beberapa kelebihan dibandingkan sWallet :
  • Anda dapat menjamin keamanannya dengan selalu memastikan komputer berjalan dengan baik tanpa virus
  • Tidak mungkin bitcoin anda dibawa kabur oleh pemilik website eWallet
  • Anda sendiri yang menentukan besaran biaya transfer tambahan
Tetapi bagi orang awam/pemula sebenarnya lokal wallet tidak begitu direkomendasikan karena keamanan komputer perlu dipastikan selalu bersih dari virus.

Pastikan juga anda selalu membackup wallet anda di komputer/USB untuk mencegah apabila tiba-tiba hardware komputer anda rusak apabila menggunakan wallet jenis ini (misalnya kebanjiran pada saat anda pergi berlibur). Tentunya anda tidak ingin tiba-tiba harta Bitcoin senilai ratusan juta rupiah hilang karena komputer anda rusak.

Untuk membackup eWallet pada multibit cukup sederhana. Anda hanya perlu ke menu "Tools" dan pilih "Export Private Keys". Pilih lokasi export file private key dan berikan password untuk export file tersebut agar menjamin keamanan file tersebut tidak dapat diimport orang lain kecuali orang yang mengetahui password private key tersebut. Simpan multibit.key di tempat yang aman dan import lah apabila diperlukan.

Apabila suatu kali terjadi kerusakan pada komputer, anda tidak usah khawatir apabila anda mempunyai multibit.key tersebut. Cukup install software multibit kembali dan anda dapat mengimport key tersebut dengan mengakses menu Tools>Import Private Keys maka wallet anda akan kembali seperti normal seperti sebelumnya.

Keuntungan eWallet
Dengan semakin populernya bitcoin membuat banyak pihak dan perusahaan IT membuat berbagai fasilitas layanan eWallet seperti Coinbase.com, blockchain.info, dan Strongcoin.com

Apabila anda memilih menggunakan eWallet maka pada dasarnya penggunaan bitcoin akan sangat mirip sekali pada saat anda menggunakan eMoney lainnya : Paypal, PerfectMoney atau OkPay.

Anda cukup melakukan registrasi di website mereka dan anda akan mendapatkan alamat wallet account bitcoin pada akhirnya.

Pada masa sekarang eWallet telah berkembang dengan sangat aman dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. eWallet telah berkembang dengan konsep hybrid dimana website penyedia eWallet (administrator) menyimpan database secara terenkripsi dengan password dari pemilik sehingga data hanya dapat dibaca oleh browser pemilik eWallet dan administrator eWallet tidak dapat membaca sama sekali. Dengan demikian, bitcoin anda tidak akan disalahgunakan oleh administrator eWallet.

Beberapa keuntungan menggunakan eWallet dibandingkan local wallet adalah:
  • Dapat dibuka/digunakan darimana saja asalkan ada internet
  • Instan, siap digunakan secara langsung setelah selesai mendaftar
  • Tidak perlu terlalu repot menjaga keamanan dari komputer kita karena keamanan eWallet diatur sang administrator
Apabila anda adalah pengguna bitcoin pemula, saya sangat menyarankan menggunakan fasilitas eWallet karena kemudahan yang diberikan.

Tetapi sekalipun begitu eWallet sebenarnya memiliki sebuah resiko yang cukup frontal yaitu apabila suatu kali website penyedia eWallet itu "menghilang" atau "ditutup" oleh pemerintah dimana pemilik website itu berada maka itu berarti bitcoin anda juga akan ikut menghilang karena anda tidak akan dapat mengaksesnya kembali.

Jadi mana wallet yang sebaiknya digunakan apakah local wallet atau eWallet? Untuk hal itu kami menyerahkan kepada anda untuk mengambil keputusan.

Pengalaman saya pribadi akan tetap lebih baik membagi asset kita tidak dalam satu tempat sebagaimana golden rules diinvestasi "never put your eggs in one basket" 

sumber disini

Komentar

  1. Gan, cara transaksi bitcoin lewat multibit gimana? misalnya ane mau ngirim bitcoin, ke alamat bitcoin.co.id ane gimana dung?

    BalasHapus
  2. di multibit disisi kiri ada menu send/request agan bisa input alamat bitcoin agan yg ingin dikirimkan

    BalasHapus
  3. kalau seandainya komputer di istal ualang ap[akah blockchain akan hilang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARDWARE BITCOIN MINER