MEMBUAT KINERJA PC OPTIMAL (2/3)


HARD DISK : Bersihkan Cache

  1. PENGGUNAAN HARD DISK Saat berencana untuk pidah dari HDD ke SSD, apakh semua file dari hard disk lama bisa di tampung SSD? Jawabannya bisa dilihat di freeware RidNacs. Program ini dapat memberikan informasi penggunaan hard disk secara realtime, bahkan untuk jaringan sekalipun.

  1. MEMERIKSA KESEHATAN HARD DISK Periksa kesehatan hard disk untuk menambah performa sistem Windows. Di Windows 7, tekan tombol "[Windows]" dan ketikkan "CMD". Dari hasil pencarian, klik kanan pada "CMD" dan pilih "Run as Administrator". Di Windows 8, Anda bisa melakukannya dengan menekan kombinasi "[Windows  + X]". Pilih "Command Prompt (admin)". Selanjutnya ketikkan "chkdsk" dan tekan "[Enter]". Apabila hasil pemeriksaan menemukan kesalahan, Anda bisa memperbaikinya dengan mengetikkan "chkdsk /f".

  1. MEMBERSIHKAN HARD DISK Melakukan proses defrag tidak hanya membereskan file-file yang terdefragmentasi, tetapi juga menambah kecepatan PC. Mulai dari Windows XP hingga 8, Anda bisa menggunakan program defrag bawaan Windows. Namun, di Windows XP Anda harus melakukannya secara manual, terutama untuk proses terjadwal. PERHATIAN Proses defrag membawa hasil positif pada hard disk normal (HDD). Untuk SSD proses defrag tidak membawa keuntungan apa-apa. Oleh sebab itu, Pengguna SSD ada baiknya selalu menjalankan Disk Cleanup. Caranya, ketikkan "cleanmgr" di interface Windows 8.

  1. HAPUS FILE DUPLIKASI File duplikasi memboroskan pengguna hard disk. Anda bisa membersihkan file duplikasi secara manual. Namun, untuk lebih memudahnya, Anda bisa menggunakan program seperti Anti-Twin. Plih sebuah folder dan jalankan "Search for duplicate files".

  1. BUANG WINDOWS.OLD Pengguna Windows yang selalu mengupdate sistemnya akan mendapatkan file "Windows.old" di partisi "C". Isi file ini sebenarnya adalah keadaan Windows sebelum diupdate. Ukuran filenya cukup besar sehingga ada baiknya Anda hapus agar kapasitas hard disk bertambah. Anda bisa menghapusnya melalui "Disk Cleanup" dengan menandai opsi "Previous Windows Installation(s)". 

sumber : CHIPS 09/2013



Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARDWARE BITCOIN MINER

SOLVED : Windows cannot access the specified device, path, or file