MENYELESAIKAN KONFLIK DI LINGKUNGAN KERJA
Ada banyak hal yang bisa memicu konflik di lingkungan kerja, mulai yang terkait dengan tugas dan pekerjaan sampai ke masalah pribadi. Keadaan ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas di kantor, dan bukan sesuatu yang mustahil kalau berbuntut pada menurunnya produktivitas. Agar tidak semakin berlarut – larut dan malah merambat kemana – mana, maka sudah sepatutnya kalau hal ini segera diselesaikan dengan beberapa pendekatan di antaranya : * Mengajak orang yang bersangkutan (terlibat konflik) untuk bicara empat mata di tempat jauh dari keramaian. Dengan demikian Anda dan lawan bicara bisa lebih bebas mengemukakan isi hati dan pikiran tanpa takut tergangu suasana sekitar. * Saat berbicara, usahakan untuk tetap tenang dan jangan terbawa emosi. Ungkapkan isi hati dan pikiran dengan tenang dan sopan. Satu hal yang perlu diingat adalah mendasarkan semua ucapan berdasarkan fakta atau kenyataan, bukan atas dasar gosip atau asumsi pribadi. Jika tidak, bukan menyelesaikan